Anti klik kanan

Rabu, 14 April 2010

Cinta Tanah Air

Memasuki bulan Agustus ini Bangsa Indonesia selalu mempringati sebuah moment besar yang menandai kemerdekaan Indonesia. Concertoholics pastiya nggak lupa donk bagaimana usaha dan perjuangan para pahlawan kita yang telah berusaha merebut kemerdekaan sampai akhirnya tepat pada tanggal 17 Agustus Bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Nggak terasa ya 63 tahun telah berlalu sejak moment nasionalisme itu terlewati. Lalu bagaimana dengan nasionalisme kita di masa sekarang? Well, memang sih kita nggak usaha lagi berperang dan bertempur melawan penjajah seperti yang dlakukan pahlawan - pahlawan pendahulu kita. Tapi minimal untuk melanjutakan perjuangan usaha para pendahulu,kita bisa menunjukkan sikap nasionalisme kita yang sepertinya belakangan mulai pudar. Nah apa aja sih cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan kecintaan kita pada bangsa kita ini?

1. Bangga menjadi orang Indonesia.
Tidak ada yang lebih membanggakan kok selain menjadi orang Indonesia, negara yang diakui orang karena keramahan rakyat, kekayaan alam dan budayanya. Lihat saja setiap tahun turis - turis asing dari berbagai mancanegara berlomba - lomba ingin berlibur ke Indonesia. Mereka selalu menganggap indonesia itu eksotis. Bayangkan, mereka bahkan rela terbang jauh - jauh hanya untuk menikamati keindahan alam Indonesia. Nah, rugi banget kan jadinya kalo kita yang tinggal sedekat ini bahkan belum pernah menikmati kekayaan alam sendiri.

2. Melestarikan Budaya.
Concertoholics pasti tahu kan kalo para wanita di India lebih bangga mengenakan Sari mereka daripada baju casual sehari - hari. Belakangan trend Sari justru ikut menjamur di Indonesia dengan fashion ala bohemiannya yang sempet booming beberapa waktu lalu. Well, sebenarnya kita juga bisa melakukan hal yang sama. Indonesia kan terkenal akan batik - batiknya yang indah dan kebaya - kebayanya yang feminis. Lihat saja sekarang, sudah batik bahkan sudah menjadi must have item di setiap lemari para pecinta mode di indonesia. Nah, sapa tahu ini justru juga akan menjadi trend yang berlaku di luar negeri seperti trend bohemian yang sempat booming di Indonesia. Pakaian hanya salah satu contohnya, masih banyak lagi kekayaan budaya kita yang dapat kita kembangkan hingga membuat decak kagum dunia Internasional.

3. Menggunakan Produk Lokal
Belakangan ini barang-barang impor begitu merajai pasar retail & grosir sehingga barang produksi dalam negeri malah tidak punya tempat di negeri sendiri karena kalah bersaing. Coba kalo kita lihat, beragam barang import menghiasi kita. Mulai dari ponsel, notebook, pakaian sampai makananpun, kita tidak terlepas dari barang import. Ini menyedihkan. Karena sebetulnya banyak dalam negeri yang bagus - bagus dengan kualitas yang bahkan lebih menjanjikan daripada produk luar negeri. Oleh karena itu, ayo Concertoholics, mari kita galakkan penggunaan produk produk dalam negeri. Selain memang bagus kualitasnya, kita juga akan membantu perekonomian dan pengangguran - pengangguran yang semakin banyak sejak industri dalam negeri gulung tikar.

4. Hemat Energi.
Banyak kok cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi, salah satunya dengan hemat listrik. Kenapa harus hemat listrik? Karena untuk mengaktifkan listrik di Indonesia, PLN kita masih menggunakan BBM yang belakangan ini sudah semakin berkurang jumlahnya. Nah, kalo kita tidak melakukan penghematan dari sekarang, BBM ini bisa habis lho. Nah ngeri kan kalo sampai itu terjadi? Pada akhirnya kalo BBM habis, kita justru tidak akan bisa menikmati listrik lagi. Hii, ngeri!! Selain membantu bangsa sendiri, dengan penghematan listrik, kita pun sudah membantu upaya dunia dalam kampanye global warming yang belakangan sedang sangat gencar aksinya.

5. Harumkan nama Bangsa.
Hm, kedengarannya memang berat. Tapi percaya deh, ini tidak sesusah yang dibayangkan. Mengharumkan nama bangsa nggak selalu harus dari hal - hal yang susah kok. Kamu nggak perlu jago kimia, fisika ataupun matematika untuk mengharumkan nama bangsa dalam ajang olimpiade. Cukup lakukan hal yang memang menjadi bakatmu dan menarik minat kamu. Asalkan dilakukan dengan serius, kamu pasti akan terasah dan bukan nggak mungkin disuatu saat nanti kamu justru akan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Lihat saja Tracy Trinita, dan Fahrani, 2 supermodel asal Indonesia yang berhasil mengepakkan sayapnya sampai panggung dunia. Juga group vokal Elfa Secioria yang telah banyak memenangkan penghargaan - perhargaan internasional. Ini hanya salah satu contoh. Baik Tracy, Fahrani, maupun Elfa Secioria, mereka sudah menemukan cara mereka sendiri dalam mengharumkan nama bangsa. Nah, sebenarnya masih ada banyak kok cara lain yang bisa kita gunakan untuk mengharumkan nama bangsa kita ini. Semua itu bergantung dari diri kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar